Jailbreak iOS 6.1.2 dan kasusnya (Sebuah Ulasan)

Proses jailbreak dewasa ini sudah menjadi semakin mudah, tidak seperti jaman dahulu saat jailbreak masih ribet. Untuk iOS terbaru saat tulisan ini dibuat, yakni 6.1.2, pun juga menyediakan pilihan alat pen-jailbreak yang bernama Evasi0n, yang bisa diakses melalui http://evasi0n.com/.  Caranya pun-cukup mudah, yakni dengan hanya menghubungkan iOS (iPhone, iPad, iPod) ke laptop/PC windows, kemudian program Evasi0n langsung diklik, dan selanjutnya tinggal menunggu instruksi yang diberikan. Bisa dikatakan, cukup dengan 1 klik, semua orang sudah bisa menjailbreak iDevice-nya. Tutorial sudah banyak dibuat di internet sehingga menurut saya, tidak perlu saya tulis kembali. Kawan-kawan bisa membaca diantaranya di 2 situs favorit saya, yakni:

Namun, kadangkala ada kasus khusus dimana iDevice memerlukan untuk di-unlock. Memang, jaman sekarang sudah jarang yang menjual iPhone locked version di Indonesia. iPhone yang dilock carier tertentu, yang dibeli di luar negeri, milik expat, adalah salah satu contoh iDevice yang memerlukan penanganan khusus dalam jailbreak, dalam arti tidak boleh sembarang langsung klik jailbreak. Hal ini disebabkan, iDevice tersebut memerlukan proses unlocking juga.

Masalahnya, unlockings sangatlah bergantung pada baseband. Untuk diketahui bagi yang belum, ada 2 hal yang akan diupdate oleh Apple saat mengupgrade iOS, yakni iOS/firmware/operating system/ipsw dan juga baseband.

Mudahnya, dapat kita lihat dalam link wiki berikut -> Wiki Sejarah versi-versi iOS dan basebandnya. Coba dilihat di Settings – General – About, bagian baris Version adalah versi dari iOSnya, sedangkan Modem Firmware adalah versi dari basebands. Nilai ini penting bagi para unlocker, walau memang, untuk sebagian besar pengguna iDevice di Indonesia kurang begitu perlu diperhatikan karena memang hampir semua sudah factory unlocked (FU).

Saat ini, unlocking bergantung kepada suatu software yang bernama ultrasn0w. Sehingga, suatu upgrade iphone yang tidak Fu haruslah mengusahakan agar yang diupdate hanya iOS-nya tanpa mengupdate basebandnya. Salah satu caranya adalah dengan memakai software penjailbreak yang dinamakan sn0wbreeze. Berbeda dengan Evasi0n yang hanya memerlukan 1 klik untuk iDevice yang sudah terupgrade sebelumnya, maka sn0wbreeze mensyaratkan iDevice tidak boleh diupgrade dulu, apakah via OTA, apakah via download ipsw dulu. (Link: ipsw iPad, ipsw iPhone, ipsw iPod Touch). Sn0wbreeze akan mengubah ipsw asli Apple dan menambahkan cydia ke dalam file serta mencegah peng-update-an baseband agar kemudian bisa diunlock oleh ultrasn0w. Silakan membaca link: baseband yang didukung ultrasn0w, dalam link tersebut disebutkan juga untuk kasus dimana iDevice terlanjur terupgrade baseband-nya sehingga menjadi unlockable. Caranya ialah dengan meng-injeksi iDevice dengan iPad baseband 06.15.00, kemudian iPad baseband ini ditimpa dengan baseband yang lebih rendah. Istilah ini disebut downgrading baseband. Alat yang diperlukan adalah redsn0w, yang bisa diunduh melaluisitus Dev Team atau iClarified. Caranya pun sudah banyak di internet, salah satunya yang jelas ada di situs iphoneblogr.com. Langkah ini akan mendowngrade baseband ke 05.13.04 yang dapat di-unlock oleh ultrasn0w.

Apakah jailbreak aman? Saya bisa mengatakan iya dan malah bermanfaat, bisa mengganti font, themes, widget, bahkan hal-hal yang kontroversial. Sebagai pengalaman, dalam seminggu ini, saya sudah menjailbreak iPhone 5, dua iPhone 4s, 1 iPhone 3GS (dan unlocking), dan 1 New iPad / iPad 3. Sehingga, tidak perlu ragu dan khawatir akan ada kendala untuk iOS 6.1.2.

3 thoughts on “Jailbreak iOS 6.1.2 dan kasusnya (Sebuah Ulasan)

  1. Satchel

    Stlh dfahami ulasan diatas timbul prtnyaan. Nah.. Bagai mana cr agar si JB’ers (kmungkinan hanya saya Saja) yg msh Blum memahami Alias Asal JB Tanpa mengetahui bhwa baseband ny locked atau parahnya lagi basebandny unlockable. Apakah cukup melihat imei online Saja memastikan Bahwa idevice kita sdh unlock?

    prtnyaan tsb dbuat agar para JB’ers tdk keliru kmudian hari..

    Salah satu caranya adalah dengan melihat baseband di iPhone dari menu settings, kemudian mengecek dari daftar berikut
    http://jaxov.com/wiki/list-of-unlockable-iphone-basebands-supported-by-ultrasn0w/

    Apabila ditemukan bahwa basebandnya unlocable, maka yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan inject baseband ipad memakai redsn0w, lalu kemudian direstore lagi dengan downgrade ke baseband 05.13.04 yang unlockable di
    http://www.iclarified.com/entry/index.php?enid=22652

    Reply
  2. Mr.Six

    Klo mnurut sy sbnarny lebih ke tipe ideviceny, klo beli device tsb pd operator provider seperti: tsel,xl,Indosat dll sdh psti baseband ny di lock sehingga hrs di SU saat di JB dan hrs mnggunakn snowbreeze agar basebandny tdk diupgrade. Benar kata si penulis rata2 di Indonesia iPhone sdh pd FU jd agan2 yg bli nya selain di operator provider aman kok walo pun idevice my BM alias Black Market jika ideviceny ingin di JB menggunakan evasion.
    Namun sbg bahan prtimbngan agan2 sekalian bs cek kode model device nya di http://www.iphonefrom.com agar lebih memastikan bahwa device Anda lock atau unlock.

    Sekian terima kasih,

    Benar sekali.
    Terima kasih atas tambahan informasinya Mr. Six🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s