Jailbreak iPhone (dan i-Devices lain)

Teman Ngeteh,

Semakin hari, jumlah pengguna iPhone di Indonesia semakin bertambah jumlahnya. Hal ini disebabkan beberapa hal, diantaranya meningkatnya daya beli sebagian masyarakatnya, versi keluaran iPhone yang tidak terlalu sering, dan juga karena lebih mahalnya smartphone kompetitornya. Hal tersebut menyebabkan kecenderungan beberapa masyarakat untuk memilih iPhone.

Sangat disadari bahwa masing-masing brand membawa keunikan, kelebihan, dan kekurangan masing-masing. Namun, dapat saya katakan bahwa kemampuan iPhone cukup mewakili kebutuhan-kebutuhan yang dicari masyarakat, walaupun sebagian masyarakat mungkin hanya memakai sebagian dari kemampuan itu. Game-game iPhone cukup memuaskan karena bisa mendukung game-game semacam Street Fighters, The Sims, Need For Speed, MGS, dan sebagainya disamping game-game sentuh seperti Scrabble, Peggle, Hangman, dan sejenisnya. Kemampuan ini dominan dimanfaatkan gamers yang memilih iPhone. Bagi sebagian mereka, terdapat yang tidak begitu memanfaatkan kemampuan lain seperti software-software office, social networking, dan sebagainya.

Di sisi lain, para pebisnis pengguna iPhone akan memanfaatkan kemampuan dalam pengolahan data, office-software, mail, dan kemampuan networking dari iPhone. Beberapa sudah menyadari bahwa layanan push-mail tidak cuma bisa dilakukan oleh satu merk tertentu. Golongan ini mungkin kurang memanfaatkan kemampuan multimedia iPhone. Demikian dengan golongan-golongan lain yang mempunyai kecenderungan khusus dalam memanfaatkan pirantinya.

Namun, ada golongan tertentu yang menjadikan perantinya sebagai hobi. Mereka ini mengutak-atik pirantinya sampai menembus batas-batas yang biasa dilakukan. Dalam dunia komputer, dapat kita ketahui istilah hack, yakni kegiatan memodifikasi piranti lunak maupun keras untuk tujuan tertentu. Dalam dunia iPhone (dan piranti keluaran Apple lain), dapat kita ketahui istilah sejenis dengan sebutan jailbreak, yang dalam bahasa sehari-harinya dapat diungkapkan sebagai kegiatan mengutak-atik sistem operasi piranti agar bisa dijelajahi, diinstall, dan dimanfaatkan lebih daripada biasanya. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan kemampuan piranti itu sendiri, yang dengan kata lain, kemampuan iPhone bisa meningkat, yang tentu saja dapat lebih memaksimalkan pemanfaatannya untuk memudahkan kegiatan sehari-hari apakah itu untuk gamers, pegawai, social networker, dan lain-lain. Apakah ini legal? jawabannya adalah iya. Jailbreak telah menjadi legal sekarang.

Berikut hendak saya tulis untuk teman ngeteh yang telah bertanya pada komentar tulisan sebelumnya mengenai jailbreak.

Pertama-tama, banyak yang menanyakan tentang tutorial lengkap cara jailbreak, apakah ada? Jawabnya jelas ada, namun nanti dulu, jailbreak itu tidak hanya 1 cara. Apalagi sekarang iOS (sistem operasinya) sudah mencapai versi 4.1 pada saat tulisan ini dibuat. Tentu saja, metode jailbreak berkembang lagi karena metode sebelumnya telah diatasi dan celahnya telah ditambal oleh Apple.

Dari hal tersebut di atas, maka yang pertama harus diketahui sebelum melakukan jailbreak adalah mengetahui versi firmwarenya dari Settings- General – About, pada bagian “version”.

Kemudian ada bagian yang tidak kalah pentingnya yakni “Modem Firmware”, untuk keperluan unlock bagi pemilik iPhone impor.

Setelah dua versi itu diketahui, maka baru dapat ditentukan software jailbreak apa yang digunakan.

[bersambung…]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s