Ping!

[original post on https://ngeteh.wordpress.com/2009/10/26/ping/]

Teman ngeteh,

Ada pernyataan dari sebagian orang yang menyatakan bahwa cuma 1 produk piranti genggam saja yang memungkinkan chatting langsung memakai messenger bawaannya. Kiranya, rekan ngeteh tahu produk yang dimaksud. Benar, Blackberry dengan BBM-nya. Sisi positif banyak bisa diketahui, namun tentu saja sisi negatif juga akan turut menyertai dalam suatu penggunaan teknologi dimana efek plus-minusnya bervariasi pada setiap orang. Salah satu sisi negatif dari teknologi ini menurut saya adalah timbulnya exclusivisme dalam masyarakat walaupun sebagian yang lain memang tidak mempermasalahkan.

Dalam tulisan ini, saya tidak membahas aspek sosial dari teknologi itu melainkan memberi suatu keterangan tambahan pada pernyataan di kalimat pertama paragraf di atas. Pendapat tersebut tidaklah sepenuhnya benar, sebagai contoh, pengguna iPhone sebenarnya bisa menikmati hal serupa, yakni apa yang dinamakan iPhone-to-iPhone messaging dengan software yang dinamakan Ping!.  Tidak cuma itu, Ping! juga dapat bekerja pada iPod Touch jika mendapat sinyal Wi-Fi. Ping! sendiri bisa diunduh di situs resminya melalui Apple Store.

512

Seperti yang disebutkan dalam halaman FAQ Ping!,  secara umum, Ping! mirip dengan BBM yang bukan SMS maupun sistem IM (Instant Messaging, seperti YM, MSN, ICQ, dsb), namun dapat mengirim pesan antar piranti sejenis (satu merek). Ping! juga tidak memerlukan logging/logout, dan sebagainya mirip. Lalu apa bedanya?

Ping! memungkinkan penggunanya membuat sendiri PIN-nya yang disebut sebagai Ping ID. Bisa berupa nama sendiri, seperti YM-ID dan sebagainya dengan syarat antara 4-20 karakter. Keterangan lebih lanjut bisa dibaca di FAQ Ping! Tidak menutup kemungkinan, di kemudian hari, merek-merek lain juga akan melakukan hal yang serupa, mengingat layanan push mail sekarang juga telah dimiliki hampir semua merek piranti genggam. Dapat kita lihat misalnya pada Nokia Messaging. Sehingga hampir semua merek piranti genggam kini bisa mendapatkan informasi seketika dari email yang datang. Saya melihat sosialisasi dan petunjuk kemudahannya saja yang belum sampai pada semua lapisan masyarakat yang tingkat pemahaman teknologinya juga beragam.

Mari kita tunggu teknologi selanjutnya sambil ngeteh.

7 thoughts on “Ping!

  1. Kurotsuchi

    hyaa… saya memasang yahoo!messenger tiny di hape saya… tapi ya itu; koneksinya putus-sambung nggak karuan, dan lantaran kiped hape saya keras, akhirnya malah jarang saya pake😛

    Saya juga jarang chat Mas, kalau pas perlu atau pas nganggur luar biasa saja😀

    Reply
  2. edratna

    Jadi…kesimpulannya tak perlu beli BB agar kita bisa terkoneksi terus?
    Hehehe…saya belum punya BB, salah satu alasan agar tak diganggu oleh email terus menerus, padahal pekerjaanku mobile.
    Jika hanya telepon atau sms kan orang males…
    (alasan orang tak punya uang)….

    Kalau kebutuhannya adalah bisa terkoneksi terus, kesimpulan Ibu benar. Kalau untuk selalu dapat notifikasi push, juga tidak perlu tergantung pada merek tertentu. Kemudian kalau untuk selalu online, sebenarnya semua bisa. Untuk chat sesama merek, sekarang yang lain juga mulai bisa. Agar tidak terganggu email terus-menerus sebenarnya bisa disetting kok Bu BB-nya. Namun beberapa orang memang senang kalau BBnya bunyi terus😀 dengan beberapa alasan yang beberapa diantaranya bisa membuat kita tertawa.
    Bukan berarti saya anti BB lho Bu, BB ada baiknya kalau penggunaan dan pengaturannya benar-benar sesuai dengan kebutuhan.
    Sebaiknya memang ibu punya kedua piranti itu sekaligus. ^_^

    Reply
  3. Saadillah yoga iswara

    Sayangnya hape saya cuman nokia 7610.Maklum anak sma. Itupun beli dari duit sendiri (uang saku lomba). Walaupun bekas. Yang penting saya memanfaatkan fitur yang ada secara maksimal. Toh percuma kan kalo punya hape / gadget mahal tapi fitur2nya tidak digunakan secara maksimal

    Justru itu yang penting Mas. Setiap apa yang dipunyai, disyukuri dan dimanfaatkan sebaik-baik memberi manfaat.🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s