Sejarah Texas

Mengetahui sejarah bangsa lain juga penting bagi kita dalam melihat masa lalu untuk diambil pelajarannya.  Disamping, tentu saja sejarah bangsa sendiri patut untuk diketahui terlebih dahulu karena menyangkut sejarah kita juga. Kali ini saya bermaksud membahas sejarah salah satu negara bagian (state) Amerika Serikat kepada teman ngeteh semuanya. Sambil mencicipi teh hangat menjelang tengah malam ini, kita obrolkan beberapa hal tentang state ini yang mungkin ada yang belum kita ketahui.

Texas yang kita sekarang, sebenarnya tidaklah sama dengan Texas jaman dahulu. Daerah yang disebut Texas pun berubah-ubah sepanjang perjalanannya. Saya pun beberapa waktu lalu baru mengetahui bahwa daerah ini dulunya pernah menjadi sebuah negara merdeka yang disebut Republik Texas. Pernah juga negara ini menjadi bagian dari Meksiko. Di wilayah ini, dikenal istilah “Six Flags over Texas”, karena ada 6 negara yang pernah mengklaim teritori ini.

Sejarahnya menarik untuk disimak karena pergantian status itu, menjadikan daerah ini mempunyai beberapa keunikan dalam beberapa hal.

Bendera Negara Bagian Texas sekarang (sumber: wikipedia)

Bendera Negara Bagian Texas sekarang.

Nama Texas berasal dari kata táysha, diambil dari bahasa penduduk asli amerika yang berarti teman atau sekutu. Keberadaan wilayah Texas ini diketahui oleh dunia Eropa pertama kali oleh Spanyol pada tahun 1519. Awalnya, Texas dihiraukan keberadaannya oleh Eropa karena wilayahnya yang tandus. Kemudian pada akir tahun 1685, karena salah perhitungan, koloni Perancis mendarat di wilayah ini, yang seharusnya ingin menuju Mississippi. Koloni ini hanya bertahan 4 tahun karena terlibat pertentangan dengan pribumi.

Bendera koloni Perancis di Texas (1686-1690)

Bendera koloni Perancis di Texas (1686-1890)

Kemudian Spanyol terus mengirimkan misionarisnya ke Texas untuk tujuan religiusnya. Spanyol menduduki wilayah ini sampai tahun 1821 karena pada tahun itu, Meksiko memenangkan perang kemerdekaannya. Hal ini mengakibatkan Texas menjadi bagian dari Meksiko.

spain

Selama bergabung dengan Meksiko, ketegangan terus terjadi antara kaum federalis dan sentralis, hingga pada tahun 1835 meletuslah apa yang dinamakan Revolusi Texas. Kecamuk ini menyebabkan pada awal 2 bulan tanun 1836, wilayah Texas tidak mempunyai pemerintahan yang jelas.

meksiko

Kemudian, Antonio Lopez de Santa Anna berinisiatif membentuk pasukan untuk mengakhiri revolusi. Bebeberapa pasukan penghalang dikalahkan dan akhirnya pada tanggal 2 Maret, dideklarasikanlah kemerdekaan Texas. Texas-pun menjadi sebuah republik.

republik

Kemenangan perang ini tidak lantas menyelesaikan masalah di internal Texas. Perang politik antara kubu nasionalis dan abolisionis terus berlanjut. Kubu ingin meneruslkan kemandirian dan kemerdekaan Texas serta memperluas wilayah republik sampai samudra pasifik. Di sisi lain, kubu abolisionis mengusulkan aneksasi (penggabungan wilayah ke wilayah yang lebih besar) Texas ke dalam Amerika Serikat. Sementara itu, Meksiko mengirimkan dua ekspedisi kecil ke Texas dan menguasai beberapa kota.

Atas dasar masalah pertahanan, terciptalah momentum perlunya penggabungan Texas ke wilyah yang lebih besar, yakni Amerika Serikat. Kubu abolisionis mendapat angin segar berkenaan dengan masalah ini. Republik memulai usahanya bernegoisasi tentang aneksasi sejak 1837. Kemudian, pada tahun 1844, atas kemenangan ekapansionis, James K. Polk, Texas berhasil dianeksasi AS yang kemudian ditetapkan Kongres pada tanggal 29 Desember 1845 sebagai negara bagian dari Union. Atas kejadian ini, pada saat itu Meksiko kemudian memutuskan hubungan diplomatiknya dengan Amerika Serikat.

Masalah tidak selesai sampai di sini saja. Setelah pemilihan Abraham Lincoln pada tahun 1960, meletuslah Deklarasi Carolina Selatan sebagai pemisahan diri dari Union (United States of America) dan membentuk Confederate States of America. Secara voting, Texas memutuskan untuk bergabung dengan Konfederasi.

wilayah konfederasi

konfederasi

Keberadaan Konfederasi ini menimbulkan apa yang dinamakan Perang Sipil (Saudara) Amerika pada tahun 1861-1865 antara Serikat (USA) dan Konfederasi (CSA). Perang terakhir terjadi pula di wilayah Texas,tepatnya di Bukit Palmito. Setelah peristiwa ini, Texas menjadi bagian Amerika Serikat lagi. Texas berhasil mengatasi persoalan-persoalan paska perang pada tahun 1874 dan memulai era baru.

usa

Tulisan ini dibuat untuk memperkaya pengetahuan sejarah sambil ngeteh bersama. Ada beberapa hal yang bisa diambil dengan mengetahui sejarah.

táysha

5 thoughts on “Sejarah Texas

  1. Puguh

    Dianjurkan memakai kata “pasca” (baca: pasca, dengan “c”)karena ini lebih baku.

    Terima kasih Saudara Puguh, untuk tulisan-tulisan selanjutnya saya benahi.

    Reply
  2. Kamelia "Teta"

    lama tak main ke blogmu…
    bener2 nyantai tp bermanfaat bacanya…

    tetep terus maju ya De….(apanya?!?!)
    😀

    Ya ya ya.. Matur suwun Ta.. semoga semuanya pada maju😀

    Reply
  3. lilina swandhie

    salam kenal untuk anda. thank sudah mau berbagi ilmu. iitu sangat bermanfaat dan terus berkarya.

    Salam kenal juga Lilina. terima kasih sudah mampir🙂

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s