Jailbreak dan Unlock iPhone 3GS

iPhone 3GS telah diuji mempunyai kecepatan dua kali kecepatan iPhone 3G sebelumnya, hal ini membuat khalayak pecinta iPhone untuk mendapatkan dan merasakan performa dari seri terbaru ini. Di Indonesia, iPhone 3GS dilansir beberapa media akan di-launcing pada tanggal 9 Agustus 2009 nanti. Namun, beberapa orang yang kebetulan berada di tempat lain, bisa menikmati layanan 3GS ini lebih dahulu karena masalah perbedaan pendistribusian dan tanggal launchingnya. Mereka inilah yang kemudian mengembangkan metode-metode untuk mengatasi batasan-batasan yang ada pada iPhone serta meningkatkan kemampuan yang bisa dilakukan oleh piranti tersebut. Kali ini saya ingin men-share mengenai teknologi yang dikembangkan oleh iPhone Dev Team, suatu grup hacker dalam iPhone OS Community yang telah mengembangkan banyak aplikasi hacking dan unlocking untuk iPhone. Bagi kalangan komunitas OS iPhone, hacking disebut sebagai jailbreaking.

iPhone, iPhone 3G, iPhone 3GS

Tiga Generasi iPhone (iPhone, iPhone 3G, iPhone 3GS).Sumber: wikipedia

Jadi, apakah Jailbreak itu?

Jailbreak adalah suatu proses yang mengijinkan pengguna iPhone dan iPod Touch untuk menjalankan kode tak resmi (unofficial code) pada pirantinya dan mem-bypass mekanisme distribusi resmi Apple. Sekali iPhone/iPod Touch telah dijailbreak, pengguna iPhone bisa mendownload banyak aplikasi yang tidak terdapat di Apple Store melalui installer tak resmi seperti Cydia dan Icy. Aplikasi ini bisa membuat tampilan luar iPhone menjadi lebih keren, dimana aplikasi resmi tidak dapat melakukannya. Misalnya membuat satu baris aplikasi menjadi 5 (defaultnya adalah 4), kemudian dapat pula mengganti ikon dan themes dengan cara mudah, serta pembuatan folder katagori agar bisa menginstall aplikasi melebihi batasan maksimal 148 aplikasi. Jailbreak berbeda dengan unlock, kendati kebanyakan memang proses ini dilakukan bersama-sama. Unlock lebih pada proses mengutak-atik konektivitasnya dengan network atau provider tertentu ataupula negara tertentu. Alasan mengapa banyak orang men-jaibreak iPhone-nya bisa dibaca pada blog Big Boss, iPhone News, Guides, and Help.

Sistem Operasi iPhone (sumber: wikipedia)

Sistem Operasi bawaan iPhone (sumber: wikipedia)

Metode jailbreak ini pertama kali dikenalkan pada tanggal 10 Juli 2007 yang hanya untuk mengganti ringtone saja. Namun, kini metode jailbreak sudah semakin maju yakni dengan memakai suatu tool yang bernama redsn0w. Ada pula beberapa software yang lain, namun saya masih belum mencobanya.
Minggu lalu, saya mencoba menguji kemampuan redsn0w (versi 0.8)  ini dalam men-jailbrake iPhone 3GS 16 GB supaya dapat dipakai menginstall aplikasi-aplikasi dari Cydia. Proses memakan waktu sekitar 20 menit. Itu termasuk meng-unlock iPhone tersebut supaya dapat dipakai di operator lain. Ini hanya sebatas uji saja, tidak dimaksudkan untuk tujuan komersial. Proses pengembalian kepada setting awal bisa dilakukan dengan bantuan iTunes.
Saya masih belum menelusuri benar tentang aspek legalitas dari jailbreak atau unlock ini namun akan terus saya update untuk menambah informasi bagi rekan-rekan ngeteh sekalian.

Salah satu hasil jailbreak

Salah satu hasil jailbreak (sumber: thebigboss.prg)

Add to FacebookAdd to NewsvineAdd to DiggAdd to Del.icio.usAdd to StumbleuponAdd to RedditAdd to BlinklistAdd to TwitterAdd to TechnoratiAdd to Furl

21 thoughts on “Jailbreak dan Unlock iPhone 3GS

  1. narpen

    wah.. nice de. gw baru tau istilah jailbreaking🙂 menunggu update selanjutnya (biarpun belum punya iphone).
    btw ketiga generasi iphone itu penampakan luarnya tidak terlalu berbeda ya..

    “penampakan luar memang tidak jauh berbeda (kak) An, namun kecepatannya kerasa😀 namun setelah di-jailbreak, penampilan bisa diubah-ubah. Namun menurutku yg lebih menarik adalah aplikasinya lebih banyak. Misalnya, bisa diinstallin google voice. Secara resmi, google voice dihapus dari apple store.”

    Reply
  2. betania

    mas adeeee….. =))
    hohohoho.. i-phone”… hmmm… senangnya punya i-phone..jadi kepengin mas.. tapi mau nabung dulu dari hasil foto”…

    biar kembaran kayak masnya..hehehe =)

    semangat terus ya mas…

    adekna menanti nih..😉

    Reply
  3. salsabila

    HP nya bagus bisa apa aja jadi mau beli tapi mahal kayaknya harus ada diskon dong ^_^

    Hehehe, relatif Bil, namun menurutku harga/performance sangat bisa dipertimbangkan dibanding produk lain berharga sama.

    Reply
  4. fery

    halo gan,, saya pake iphone sdh 3 bln, hmmm sdh sempat d jailbreakin org (bayarlah) dan doski pelit bagi ilmu. nah karena kesyikan pake hackulous, iphone gw overload.. dan gk bs booting( gambar apple, mati idup gk bisa charging) what should i do? ada tutorial gk buat unlock, jailbreak, dan restore ke FW 3.1.2, karena kalo pake itunes minta ke 3.1.3 yang nota bene harus dihindari buat 3gs gw.. Pls REPLY ya bos

    Maaf baru balas Bro, gmn udah beres?
    Wah, itu bisa direstore dulu iPhonenya pakai ipsw firmware 3.1.2 Bro, dimasukin ke
    Setelah itu, Bro bisa jailbreak sendiri memakai blacksn0w, mudah kok Bro.
    Kalau bro Fery mau lebih advanced belajar ngoprek, mari join Mac Club Indonesia, khusus iPhone, bisa dilihat di:
    di http://www.macclubindonesia.com/forums/forumdisplay.php?f=21

    Reply
  5. kia

    cara nge jailbreak gimana ya….

    Pertama mesti diketahui versi iPhone/iPod Touch/iPad dan firmware-nya Mbak. Saya sedang menulis tentang itu tapi belum selesai-selesai karena lagi banyak kerjaan di dunia lain😀

    Reply
  6. yusuf

    gan, mau minta tolong nih,
    tolong kirimin tutorial unlock/jailbreak pls.
    baru sehari dpt iphone, coba otak atik,
    trus reset seting > erase all data….
    akhirnya ndak bisa masuk menu utama.
    abis gmbar aplle muncul,
    trus muncul gmbar Usb >> itune + gambar gembok diatas.
    cuma bisa bwt emergency call aja iphonenya. T__T
    gimana ini? tolong bantuannya.

    plss bls ea gan.
    atau kirim tutorial + link/progam buat unlock/jailbreak.
    trims.

    * yusufputra54[at]ymail.com

    Maaf baru balas Gan, kemaren banyak offline karena lagi ada kerjaan di dunia lain.
    Spek iPhone-nya apa Gan?

    Reply
  7. hamdi

    keren banget mas,,,
    aq jg pengen,,
    kebetulan pnya ku sama kyak Mas,,iphone 3GS 16 GB,,

    Mas,,tlong kasih cara/tutorial dunk buat ngejalani itu semua,,,trtama yang ganti themes itu,,
    aku coba tapi blm tau caranya…^_^

    tlong ya Mas…
    makasih sebelumnya…

    Namanya pake winterboard, tapi sebelumnya harus dijailbreak dulu. Apa sudah? Maaf keterlambatan membalas. Ada kesibukan di dunia lain😀

    Reply
  8. gusty

    minta info dong, aq baru aja beli I-Phone 3gs, di lock sama Provider Telkomsel, gmn cara untuk meng-unlocknya biar aq bisa pakai sim card yg lain, trus ada pengaruhnya ga sama penggunaan aplikasi yg ada..
    mohon infonya sama kalo bisa tempat buat meng- Unlock dimana ya..?

    sebelum mengunlock, pertama harus dijailbreak dulu. Untuk men-jailbreak, harus tahu dulu iOS dan firmware yang dipakai sebelum melakukan pengupdate-an agar tidak report.
    untuk unlock, bisa memakai ultrasn0w

    Reply
  9. budi

    saya mau jailbreak iphone 3gs 32gb 3.1.3 langkah pertamanya apa. kalau dari warnet bisa nggak , kira-kira brp lama

    bisa Mas, saya biasanya pakai sn0wbreeze. 3GS sampai saat ini ditulis, sudah bisa sampai 4.3.3 lho Mas. Saya pakai iOS itu juga. Wah, maaf sekali baru bisa membalas ya Mas. Saya habis dari tempat yang susah sekali buka WP.

    Reply
  10. budi

    kalau sudah jailbreak apa masih pakai akun kalau mo download app. kalo mo download diwarnet bisa nggak

    Bisa mas Budi, semua akun masih bisa dipakai seperti sebelum dijailbreak. Namun, kita jadi bisa menginstall aplikasi dari Cydia dan Install0us🙂

    Reply
  11. dodz

    mas.saya punya iphone 3 GS16 giga
    sofware fersion : 4.3.3
    masih di bundle sama AT&T
    tolong dons saya mau jailbreak biar bisa pake kartu indonesia tp saya punya laptop bukan mac melainkan windows 7
    tlng dibantu ya mas every single stepnya klu boleh kirim ke email saya ,thanks

    Spek kita sama Mas ^_^
    Siip, saya tuliskan dulu ya. Maaf baru sempat membalas, saya masih hilir mudik lebaran. Kemarin low signal sekali

    Reply
  12. kelik ceria

    bang, saya pake iphone 3gs 32gb,,
    versi 4.1(8B117)
    firmware modem 06.15.00

    bisa kasi tau gak bocorannya tentang langkah langkah yg diperlukan utk men jailbreak nya???

    makasi sebelumnya..
    salam

    Saran saya bisa memahai sn0wbreeze yang bisa diunduh di http://ih8sn0w.com/ , Mas. Ini belinya di Indonesia atau bukan? Maksudnya apakah perlu unlock juga?
    Saya memakai iOS 4.3.3 udah bisa memakai sn0wbreeze. Apabila memerlukan unlock, nanti basebandnya bisa didownloadkan baseband iPad via interface disitu.

    Reply
  13. Domo

    de, saya mau nanya, saya kan pake iPhone 3GS 16 GB, untuk jailbrake nya pake apa ya? dan ada kelemahannya ga? Thanks before🙂

    Kalau aku pakenya sn0wbreeze. Logo apple pas booting bisa diganti foto masing-masing. Sejauh pengalamanku, kelemahannya hampir gak ada😀

    Reply
  14. dwi

    mas saya pake iphone 3gs 8gb,
    versi 4.1(8B117)
    firmware modem 06.15.00..
    bagaimana men’jailbreaknya

    maksih ya sebelumnya…

    Kalau mau upgrade ke iOS 5 sekalian, sampeyan bisa pakai sn0wbreeze, lebih mudah dan bisa dicustom.

    Reply
  15. fariz

    mas, saya mao nanya… kemarin tgl 11/1/13 saya beli iphone 3gs 8gb untuk ultah istri saya, tapi setelah beli saya jadi bingung.. kayaknya pake iphone jadi lebih ribeet gitu… trus bingung cara aktifasinya gimana, apakah mending di jailbreak atau tidak… trus apakah aktifasinya harus selalu pake laptop/pc yang terkoneksi ke internet…, trus cara lihat versi, firmware modem itu gimana dan dimana,…. tolong dong mas berikan saran dan langkah-langkah dari awal bangeeets sampe akhit tentang iphone 3gs 8gb ini, jadi bingung saya mas… tolong dibantu ya masss.. pliss sekali atas bantuannya (mohon dikirim ke email saya aja mas, biar sy bisa mempelajarinya….) skli lagi… mhn bantuannya ya mas…

    Mas Fariz yang romantis,
    Maaf baru membalas karena kemaren sedang bekerja di tempat sedikit sinyal.
    Bagaimana sekarang, mestinya sudah familiar kan?🙂 masalah kebiasaan ini mas, kalau sudah terbiasa akan mudah. Seperti saya pegang android juga masih bingung.
    Saya juga kirim ke email sampeyan.

    Reply
  16. fariz

    mas saya pake iphone 3gs 8gb,
    belum tahu versi berapa, firmware modem juga… trus saya bingung mending dijailbreak atau gimana mas, tolong… saya bingung sekali… kalo mau dijailbreak gmana langkah-langkahnya… apakah harus selalu pake pc yng terkoneksi dulu ama internet. tolong mas saya awam banget ama iphone

    maksih ya sebelumnya…

    Reply
    1. wawan824

      jadikan pengeluaran anda(beli pulsa,bayar pulsa listrik, PDAM, speedy) menjadi penghasilan dan investasi masa depan anda..
      Penasaran Dengan gmana cara menjadikan pengeluaran menjadi penghasilan dan investasi masa depan anda gabung di Bisnis Vpay Kunjungi Website: KLIK DISINI

      Reply

Leave a Reply

