Mengenal Gamelan

Disadari atau tidak, makin hari, makin sedikit generasi muda yang mengetahui gamelan, apalagi sampai menyukainya. Padahal, gamelan adalah salah satu bagian dari budaya nusantara yang harus tetap hidup untuk membangun ciri khas Indonesia. Pengetahuan akan gamelan makin tergeser seiiring dengan perubahan selera kawula muda yang cenderung menyukai kesenian dari luar. Pilihan selera tersebut sebenarnya sah-sah saja, akan tetapi sungguh disayangkan jika beberapa tahun ke depan, suasana kesenian Indonesia menjadi bernuansa asing, di sisi lain kebudayaan lokal menjadi punah, tinggal menjadi sejarah saja yang dipelajari di bangku-bangku sekolah. Apalagi jika suasana justru terbalik, musik asli Indonesia justru dimainkan di negara lain. Persoalan baru bisa timbul.

800px-Javanese_Gamelan

Memang, tidak semua orang wajib untuk bisa gamelan, namun setidaknya tiap-tiap orang yang merupakan pewaris kebudayaan gamelan mengerti apa itu gamelan, dan tidak mencemooh warisan budayanya sendiri. Sehingga apabila ada teman dari tempat lain, pewaris kebudayaan ini bisa menjelaskan dengan benar, dapat memberti rujukan-rujukan untuk informasi lebih lanjut. Beberapa orang ada juga yang melestarikan gamelan dengan ikut berperan aktif dalam grup-grup gamelan. Tidak hanya di Indonesia, tapi tersebar juga di seluruh dunia seperti USA, Israel, Jepang, Australia, Argentina, UK, Belanda, dan sebagainya, yang bisa dilihat dalam International Gamelan Directories. Banyak diantara grup itu yang bukan grup orang Indonesia, melainkan mereka yang menaruh minat besar terhadap gamelan karena mereka mengetahui bahwa gamelan mengandung unsur seni yang sangat tinggi dan unik. Akankah nantinya mereka yang mewarisi salah satu budaya kita?

gamelan_gong_gede

Perkembangan internet memungkinkan orang bisa mengakses informasi hampir tanpa batas, oleh karenanya, selayaknya di saat-saat senggang, mereka yang ingin mengetahui gamelan, dapat mengunjungi situs-situs tentang gamelan untuk menambah wawasannya, sehingga rasa memiliki budaya itu tetap ada. Berikut adalah beberapa link yang biasa saya kunjungi untuk dibaca-baca walaupun kebanyakan, saya belum sepenuhnya memahami semua hal tentang gamelan yang ada di situ:

Semoga link diatas bermanfaat bagi teman ngeteh. Kiranya artikel-artikel yang ada disitu bisa disimpan didalam disk untuk keperluan pendidikan dan pengajaran. Apabila ada link lain yang berguna dan ingin dishare, bisa diinformasikan di sini. Lebih bagus lagi apabila situs tersebut berbahasa Indonesia.

Northern Illinois University

Add to FacebookAdd to NewsvineAdd to DiggAdd to Del.icio.usAdd to StumbleuponAdd to RedditAdd to BlinklistAdd to TwitterAdd to TechnoratiAdd to Furl

One thought on “Mengenal Gamelan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s